Webinar Pengelolaan Website dengan tema "Belajar Mengelola Website dan SEO untuk Pemula"

 

Indramayu – Pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 telah terlaksana kegiatan Webinar Pengelolaan Website dengan judul Belajar Mengelola Website dan SEO untuk pemula yang diselenggarakan oleh Mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam semester empat.

Kegiatan Webinar Pengelolaan Website ini dilaksanakan sebagai bagian tugas mata kuliah Tafsir Dakwah dengan dosen pengampu yakni Ustadz Ahmad Asrof Fitri, S.H.I., M.E.Sy., kemudian tugas ini menjadi bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh civitas akademika di kampus kepada masyarakat terkait pelatihan mengelola website dan SEO untuk pemula.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring atau online melalui aplikasi zoom meeting ini bertujuan agar peserta yang mengikuti webinar ini dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan website dan bagaimana cara mengelola website dan pada akhirnya dapat meningkatkan produktifitas mereka dalam hal bisnis, maupun pengembangan pengetahuan dalam kaitannya mengelola website dan juga memahami apa yang dinamakan SEO dan apa fungsi dari SEO.

Kegiatan ini dimulakan sekitar pukul 09.00 wib diawali dengan pembukaan dengan membacakan basmalah. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari ketua pelaksana webinar yakni Rahmat Ilahi selama sekitar 5 menit. Setelah sambutan dari ketua pelaksana kegiatan, atur acara dilanjutkan dengan sambutan oleh kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, yakni ustadz Dr. M. Nur Kholish AR, S.Si, M.T. dan dilanjut dengan sambutan dari dekan Fakultas Dakwah, yakni ustadz Ahmad Asrof Fitri, S.H.I., M.E.Sy.


Keterangan 1 Screenshoot sambutan Kaprodi KPI dan Dekan Fakultas Dakwah

Kegiatan inti dimulakan dengan penyampaian materi oleh pembicara kegiatan webinar pengelolaan website pada sekitar pukul 9.30 wib. Pembicara pada kegiatan webinar pengelolaan website adalah mahasiswa aktif Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia semester delapan, yakni Lukmanul Hakim. Lukmanul Hakim selaku pembicara merupakan praktisi teknologi yang juga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola website dan melakukan SEO dalam website sehingga pembicara merupakan pembicara yang kompeten dalam kegiatan webinar pengelolaan website ini. 

Pembicara awal mula menjelaskan latar belakang pembicara yakni praktisi dalam hal website dan melanjutkan dengan menjelaskan dasar pengetahuan terkait apa itu website, dan untuk apa penggunaan website hingga bagaimana website dapat meningkatkan produktifitas bisnis. Pembicara menjelaskan apa yang membedakan website yang baik dan yang tidak sehingga dapat menjadi patokan peserta dalam awal mula mengelola website. Pembicara juga menyinggung terkait sosial media dan bagaimana akhirnya website yang baik dapat masuk ke dalam iklan di sosial media dan muncul di sosial media dengan baik. Hal ini berkaitan juga dengan SEO yakni search engine optimization atau optimasi mesin pencari. SEO dapat membuat website kita mudah untuk ditemukan oleh penyelancar di Internet sehingga banyak orang yang melihat website kita. SEO juga dapat membuat website kita mudah dicari dengan menggunakan kata kunci yang tepat dalam optimasi SEO di website kita.

Penyampaian materi berlangsung selama sekitar satu jam yang kemudian di lanjutkan dengan sesi praktek dan sesi tanya jawab. Sesi praktek yakni Lukmanul Hakim sebagai pembicara mempersilakan peserta untuk melakukan praktek pada materi yang telah dijelaskan kemudian ketika ada yang tidak dimengerti peserta dapat langsung menanyakan pertanyaannya.

Pada sesi tanya jawab, penanya pertama yaitu Muhammad Nabhan, Mahasiswa pada perguruan tinggi di Madura yang berasal dari Surabaya. Muhammad Nabhan bertanya mengenai pengelolaan website apakah menggunakan server site atau client site atau merupakan keduanya? Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa dalam pengelolaan website perlu untuk memperhatikan keduanya, baik server site maupun client site nya, dan juga perlu memperhatikan dalam hal UI/UX designnya, hal ini juga mempengaruhi berapa lama waktu yang diperlukan dalam mengakses website dan berapa lama sebuah website dapat menampilkan gambar.

Penanya kedua berasal dari Pak Mahali Galih, Pak Mahali Galih bertanya dalam pengelolaan website dan SEO itu ditujukan kepada orang yang sudah memiliki website, bagaimana bagi yang belum memiliki website, apa tahap-tahap nya untuk membuat website yang baik dan benar? Lukmanul Hakim menjelaskan bahwa memang dari awalnya webinar ini ditujukan kepada orang yang sudah memiliki website dan ingin mengelolanya dan juta mengoptimasi SEO, sedangkan untuk membuat website dari awal mungkin alangkah baiknya untuk diadakan kegiatan selanjutnya yang membahas topik tersebut karena itu merupakan kedua penjelasan dan tahap-tahap yang berbeda dan pembicara tidak bisa menjelaskan secara detail terkait pembuatan website pada sesi kali ini.

Pertanyaan ketiga dalam sesi tanya jawab bersasal dari Ula Mufidah, bertanya terkait bagaimana caranya mempertahankan eksistensi konten website berhubungan dengan begitu banyaknya konten yang tersedia di google? Pembicara menjelaskan bahwa eksistensi konten memang sangatlah banyak tersedia di google dan banyak sekali konten baru setiap harinya, oleh karena itu perlu kita meningkatkan kualitas konten yang kita buat, apabila kita membuat website baru maka kita harus menggunakan kata kunci konten yang tidak begitu tinggi trafficnya karena akan kalah dengan website yang sudah lama. Kita juga harus menyesuaikan judul dengan isi konten sehingga orang yang ingin mencari konten yang sesuai dengan konten kita dan juga harus disesuaikan konten di setiap minggu atau setiap bulannya. 

Pertanyaan terakhir pada sesi tanya jawab berasal dari Herdi yang bertanya apakah konten kita di pantau oleh cybercrime dan apakah ada pemblokiran website? Pembicara menjelaskan bahwa pastinya ada aturan yang mengatur pemblokiran website oleh pihak kominfo selaku regulator dalam pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Penjelasan ini juga mengakhiri sesi tanya jawab kali ini yang kemudian dilanjut dengan sesi photo.

Keterangan 2 Sesi Photo Peserta webinar Pengelolaan Website di zoom meeting hal 1

Keterangan 3 Sesi Photo Peserta Webinar Pengelolaan Website di zoom meeting hal 2

Keterangan 4 Sertifikat Webinar Pengelolaan Website

Jumlah seluruh peserta yang hadir berjumlah 68 orang yang terdiri dari Mahasiswa IAI AL AZIS, mahasiswa luar, serta masyarakat umum. Jumlah ini merupakan jumlah peserta yang juga mengisi formulir google yang kemudian akan mendapatkan sertfikat penghargaan. Kegiatan ini ditutup dengan hamdalah oleh MC pada pukul sekitar 11.30 wib. Kegiatan webinar pengelolaan website secara umum berjalan lancar dan mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat. (Matsani Mubaroq mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam semester 4)

0 Komentar