![]() |
Gambar 1, Poster |
Indramayu
– Rabu, 26 Maret 2025, HIMMAPRO KPI IAI
AL-AZIS sukses menggelar webinar bertajuk Gali Aspirasi, Potensi, dan
Inspirasi (Pengalaman Praktik Lapangan) dengan tema “Mengasah
Kreativitas dalam Dunia Konten: Pengalaman PPL di Grid.” Kegiatan ini
bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai
pengalaman selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), membekali mereka sebelum
terjun ke dunia kerja, serta membantu dalam menentukan lokasi PPL yang sesuai
dengan minat dan bidang keilmuannya masing-masing.
Selain menjadi
wadah informasi, webinar ini juga diharapkan mampu memotivasi mahasiswa agar
lebih siap menghadapi dunia profesional setelah lulus. Acara dilaksanakan
secara daring melalui platform Google Meet pada pukul 15.00 hingga 16.20 WIB,
dan diikuti oleh lebih dari 40 peserta yang antusias untuk memperluas wawasan
mereka terkait PPL.
Dengan dipandu oleh Hanifah Salma. A selaku pembawa acara kegiatan webinar. dimulakan dengan membaca basmalah bersama seluruh perserta webinar. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ustadz Supriadi M., S.I.Kom. M.Sos selaku Kaprodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), yang memberikan arahan terkait pentingnya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai proses pembelajaran langsung yang memberikan pengalaman, inspirasi, dan bekal untuk menghadapi dunia kerja. Webinar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan bertujuan untuk membuka potensi serta menumbuhkan inspirasi bagi para mahasiswa ke depannya.
![]() |
Gambar 2, Sambutan Kaprodi KPI |
Setelah sambutan-sambutan, masuk ke acara inti yaitu penyampaian materi yang dipandu oleh pembawa acara yaitu Hanifah Salma. A, diawali oleh perkenalan narasumber yang menjadi pemateri webinar, yaitu Nida Khapidatul Rahmaniah dan Soffi Nur Safitri. mereka merupakan mahasiswa yang telah menyelesaikan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Graphic Recorder Indonesia (GRID). Selama menjalani PPL, mereka di tempatkan di pengelolaan konten media sosial difokuskan pada Penyesuaian Konten dengan Branding GRID.
Selanjutnya
penjelasan dari narasumber Nida Khapidatul Rahmaniah dan juga Soffi Nur
Safitri Mengenal GRID: Komunitas Kreatif di Bidang Visual
GRID, singkatan
dari Grafik Recorder Indonesia, merupakan nama dari sebuah instansi bernama PT
Gentar Rupa Indonesia. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2011 dan terdiri dari
para profesional yang telah lama berkecimpung dalam bidang graphic recording.
GRID berfokus pada aktivitas merekam proses pertemuan, diskusi, workshop,
seminar, hingga notulensi dalam bentuk gambar baik manual di atas kertas maupun
secara digital yang hasilnya dapat dilihat secara real time.
GRID
memiliki empat ruang lingkup utama, yakni:
1.
Graphic Recording, yaitu
merekam proses secara visual.
2.
Ilustrasi, yang mencakup
pembuatan gambar untuk keperluan buku, poster, komik, hingga mural.
3.
Infografik, yaitu
penyajian informasi atau data secara visual agar mudah dipahami.
4. Videografi, yaitu
produksi video informatif dalam berbagai bentuk seperti video grafis,
recording, infografik, maupun animasi.
Kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di kantor GRID yang berlokasi di Ruko
Win Yogusenter, Jalan Pondok Betung Raya, Tangerang Selatan. PPL berlangsung
selama satu bulan, mulai dari 5 November hingga 5 Desember, setiap hari Senin
hingga Jumat, pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.
Selama PPL, mahasiswa ditugaskan sebagai content producer, yang bertanggung jawab dalam menciptakan konten seperti video dan rekaman. Selain itu, mereka juga menyusun konten berkualitas dengan mencari tema, menyusun jadwal produksi, menyiapkan bahan konten, mengerjakan proses editing, serta melakukan voice over. Konten yang dibuat juga harus sesuai dengan branding yang ditetapkan. Menariknya, mentor yang membimbing selama PPL merupakan kakak tingkat dari kampus yang sama, sehingga suasana kerja menjadi lebih akrab.
GRID juga memiliki
kegiatan rutin yang menarik, yaitu "gambar bersama" sebanyak 17 kali,
yang diikuti oleh anak-anak murid dari komunitas GRID. Kegiatan ini pernah
dilaksanakan di sebuah hotel tua dan sempat menarik perhatian wisatawan asal
Cina yang kagum dengan karya anak-anak tersebut.
Selain memproduksi
konten, mahasiswa PPL juga membantu proses dokumentasi berbagai kegiatan yang
berlangsung di GRID hingga masa PPL selesai.
![]() |
Gambar 3, Materi Oleh Nida dan Soffi |
Setelah presentasi selesai. Selanjutnya sesi tanya jawab, ada 2 pertanyaan dari audiens yaitu dari Amalia, “Bagimana menyesuaikan content agar sesuai dengan GRID? apakah ada panduan khusus yang harus diikuti?"
Setelah menerima pertanyaan dari audiens nara sumber berdiskusi dan menjawa pertanyaan audiens. Setiap perusahan pasti memiliki personal branding nya masing-masing. Bisa kita lihat ternyata GRID ini memiliki warna kuning coklat yang dimana warna itu merupakan warna awal dibangunya GRID oleh pak deni direkutur disana. Jadi kita bisa menyusaikan saja. Untuk bagaimana panduanya sebenarnya tidak ada panduan nya lebih ke diarahkan saja oleh mentor disana. Ketika ada conten atau editan poster dan segala macam kita hanya tinggal menyesuaikan dengan personal branding atau warna nya saja agar bisa sesuai saja.
Setelah sesi tanya jawab selesai dan para narasumber menyampaikan penutup dari presentasi mereka, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama. Dalam momen ini, para peserta menunjukkan antusiasme mereka setelah mengikuti jalannya webinar. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan PPL mereka.
Sebagai penutup, Hanifah
Salma. A selaku MC menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang
telah berpartisipasi dan resmi menutup rangkaian acara webinar ini. Terima
kasih dan sampai jumpa di kegiatan selanjutnya.
0 Komentar